Dari Modelling ke Blogging: Kisah Blogger Sukses Linda Ekeji

NAMA Linda Ikeji bukan nama asing di kalangan blogger. Profil dan kisah suksesnya sudah banyak diulas blogger lain, juga media berita.

Ulasan terbaru muncul di laman This Day Live, Minggu (26/2/2017), dengan judul From Modelling to Blogging, The Story of Linda Ikeji.

Linda adalah model. Dulu wanita asal Nigeria ini seorang model dalam pengertian profesional --model busana. Kini ia pun menjadi model bagi banyak blogger di dunia. Ia menebar inspirasi bagi para blogger untuk sukses.

Hampir semua ulasan tentang Linda menyebutkan ia blogger sukses dengan penghasilan sekitar Rp1,2 miliar rupiah per bulan dari aktivitas ngeblog (blogging), terutama dari pendapatan iklan.

Laman Wikipedia menyebut Linda sebagai  blogger, penulis, wirausahawan, dan mantan mode. Ia adalah blogger dengan penghasilan tertinggi di Nigeria. (Nigerian news carrier blogger, writer, entrepreneur and former model. She is best known for her blog. She is the highest paid blogger in Nigeria).

Berbekal popularitas sebagai model dan keterampilan jurnalistik (menulis), Linda memutuskan untuk meninggalkan dunia modelling dan beralih menjadi full-time blogger.

Ia sukses dengan menggunakan platform blog gratisan blogger/blogspot dengan alamat blog http://lindaikeji.blogspot.com/ yang kini sudah di-custom domain menjadi http://www.lindaikejisblog.com/

Tahuun 2014 Linda memperoleh dua penghargaan Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards.

This Day Live menyebutkan Linda sebagai blogger paling berpengaruh di Nigeria. Ia beralih meninggalkan dunia modelling dan terjun di dunia blogging setelah gagal menjadi Miss Nigeria.

Blognya masuk kategori blogger selebritas (celebrity blogger). Postingan di blognya lebih banyak mengutip pemberitaan media plus ulasan.

Linda butuh butuh empat tahun untuk mendapatkan penghasilan pertamanya sebagai blogger. "Saya ngeblog secara konsisten dan penuh semangat," katanya saat ditanya soal rahasia sukses blognya.

Dikemukakannya, ia awalnya tidak membayangkan blognya bakal menjadi sumber penghasilan utama.

"Saya punya ribuan follower dan saya sangat senang tentang itu, tapi saya tidak berpikir itu akan menjadi uang atau iklan," ungkapnya.

"Pertama kali mereka datang untuk bertemu saya untuk membayar saya untuk posting sesuatu, saya merasa sangat aneh... Pada bulan Januari 2011 saya punya tingkat iklan saya sendiri dan orang-orang mulai membayar. Itu saja. "

Linda bekerja sendirian selama sekitar empat tahun sebelum memutuskan mengangkat asisten.

Sebagai blogger, ia banyak mendapatkan simpati dan antipati. "Saya mendapatkan banyak kebencian dan banyak cinta, tapi saya mencoba sebisa mungkin untuk mempertahankan cinta, bukan kebencian karena saya tahu kebencian yang datang dari tempat yang sangat berbeda," katanya.

"Setiap kali saya melihat beberapa komentar sinis, seperti 'Anda belum pernah bertemu saya, mengapa Anda mengatakan hal ini tentang saya', saya bergeming. Saya mengerti saat orang-orang seperti Wizkid dan Olamide mengecam saya karena saya menulis tentang mereka."

Kini Linda mengaku dirinya sebagai pengusaha wanita (business woman) berkat blogging.

"Saya seorang wanita pebisnis. Saya harus memberikan layanan kepada pengguna dan pembaca. Saya harus pergi keluar untuk mencari gosip dan hal-hal yang orang ingin membaca. Saya tidak ingin ada yang gagal. Saya tidak ingin siapa pun yang jahat. Saya tidak ingin ada yang menangis," katanya.

Penasaran dengan blognya Linda Ikeji? Silakan ke TKP.*

Share:

Related Posts

Disqus Comments